Tas Batok Kelapa Produksi Lapas Telukdalam Paling Laku

Tas Batok Kelapa Produksi Lapas Telukdalam Paling Laku
Aktivitas warga binaan LP Banjarmasin membuat kerajinan tangan 
BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Warga binaan di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin memproduksi kerajinan tangan, seperti tas dari batok kelapa, sandal kelom, sandal sasirangan, kain sasirangan, serta tas rajut.
Hasil produksi mereka dipasarkan di Menara Pandang Jalan Piere Tendean Banjarmasin dan di Rumah Anno.
Setiap bulan, rata-rata memproduksi 30 hasil kerajinan tangan. Paling laku keras adalah tas berbahan batok kelapa, harganya pun dibanderol untuk ukuran kecil Rp 60.000 dan ukuran besar Rp 150.000.
Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Kelas II A Banjarmasin, Rustam Effendi mengatakan, handycraft warga binaan yang terkenal adalah tas batok kelapa. Warga binaan mulai mengerjakan pukul 09.00 wita sampai 12.00 wita.
"Proses pengerjaan awal oleh para pria, kemudian setengah jadi dikerjakan perempuan dan finishing oleh pria lagi," jelasnya.
Memproduksi tas batok kelapa ini sudah satu tahun terakhir. Dinas Koperasi dan UKM Kota Banjarmasin yang memberikan pelatihan dan pembinaan.
"Memang permintaan cukup tinggi, tetapi kami tidak bisa mengejar target karena keterbatasan waktu warga binaan. Tujuan sebenarnya adalah, agar warga binaan mendapatkan keterampilan, keahlian begitu mereka bebas," ujarnya.
Bahan baku membuat tas batok kelapa dipasok dari salah satu pabrik minyak goreng di Basirih. Setiap pembelian sebanyak 100 kilogram, atau satu pikap dengan harga Rp 250 per kilogram, ditambah biaya transport Rp 100.000.
Tidak kalah diminati adalah sandal kelom dengan motif sasirangan. Harga per pasang mulai Rp 40.000 sampai Rp 60.000, sandal kelom ini dikerjakan 10 orang dan satu hari rata-rata selesai lima pasang.
Juga ada tas rajut yang dijual mulai Rp 25.000 sampai Rp 200.000. Tempat tisu berbahan batok kelapa harganya Rp 100.000.
Rustam menambahkan, produk dari warga binaan Lapas Teluk Dalam Banjarmasin saat mengikuti pameran di Menara Pandang, diminati wisatawan dari Kalimantan Timur.
Sumber : http://banjarmasin.tribunnews.com/2017/03/17/tas-batok-kelapa-produksi-lapas-telukdalam-paling-laku

0 Response to "Tas Batok Kelapa Produksi Lapas Telukdalam Paling Laku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel