Sajian Kopi Unik, Seruput Kopi Takar Mandailing di Batok Kelapa, Rasanya Ajib!


Di Mandailing Natal, (Madina), Sumatera Utara ada satu sajian kopi yang khas, yaitu kopi takar. Kopi takar adalah kopi yang disajikan di dalam wadah tempurung atau batok kelapa yang dibentuk seperti cangkir dan tatakannya.
Untuk menyeruput kopi ini, disediakan sebatang kayu manis yang digunakan seperti sedotan. Kopi Mandailing merupakan kopi yang terbaik asal Sumatera Utara. Kopi ini memiliki kekentalan yang bagus dengan tingkat keasaman medium. Tak ayal jika kopi yang diolah oleh orang Mandailing ini menjadi begitu favorit.
    (Foto: Kopi Takar/ Liansah Rangkuti)
    Seperti Restoran Paranginan 1, tepatnya di daerah jembatan merah, Desa Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan Madina Sumut, dimana resto inilah yang menyajikan pertama kali kopi takar di Mandailing Natal. Jika Anda tengah berada di Madina, jangan lupa untuk cicipi kopi takar yang dikenal khas rasanya.
    Baca Juga :
    Davi Nasution (30), yang berasal dari Desa Lumban Dolok Kecamatan Siabu Madina, dirinya mengaku sengaja datang ketempat itu makan siang serta keluarganya, karena sesudah makan ia bisa menikmati Kopi takar.
    "Saya dan keluarga sengaja kemari makan sambil minum kopi takar," ujar Davi kepada Okezone, belum lama ini.
    Selain kenikmatan dan wangi kopi takar, Davi juga menggemari kopi tersebut karena keunikan wadah penyajian kopi yang terbuat dari batok kelapa, dan serta sedotannya dari kulit kayu manis, sehingga menimbulkan aroma yang begitu nikmat ketika diseruput hangat-hangat.
    "Saya suka kopi ini ditambah keunikan cangkirnya jadi ada kreatif khasnya jadi menambah selera kita menikmati kopi," bebernya.
    Sebenarnya tidak hanya kenikmatan kopi takar Mandailing saja yang menjadi incaran, tapi terkadang orang penasaran dengan gelas sajian kopi tersebut yang terbuat  batok kelapa. 
    "Jujur, awalnya saya penasaran karena mendengar minum kopi pakai tempurung kelapa, tapi sekarang setelah menikmati kopi takar, malah menjadi ketagihan menikmatinya, bahkan keunikan wadahnya yang membuat perhatian kita menjadi ingin lebih menikmati kopi," tambah Irfan, pengunjung dari Kota siantar Panyabungan.

    Sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2017/08/30/298/1765903/sajian-kopi-unik-seruput-kopi-takar-mandailing-di-batok-kelapa-rasanya-ajib

    0 Response to "Sajian Kopi Unik, Seruput Kopi Takar Mandailing di Batok Kelapa, Rasanya Ajib!"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel