Peluang Usaha Produk Olahan Sabut Kelapa Yang Menguntungkan


Produk Sabut Kelapa

Sabut kelapa memang sangat bernilai ekonomi tinggi, tentunya banyak sekali peluang usaha produk olahan sabut kelapa yang sangat banyak dikembangkan. Setelah sabut kelapa diolah menjadi serat (cocofiber). Serat itulah yang dicari pasar sebagai bahan baku jok mobil, furniture, pot, geotekstil, maupun matras.
Pasar ekspor dan domestik menyerap produk itu dalam jumlah besar. Untuk mengolahnya dan mendapatkan produk dengan kualitas yang baik, tentu kita harus mau menggali sebanyak-banyaknya informasi tentang sabut kelapa ini.Faktor yang mempengaruhi mutu bahan baku serat sabut, yaitu komposisi kimia seratnya.
Serat dari kelapa dalam memiliki kandungan selulosa, pentose, lignin yang kebih tinggi dibandingkan kelapa genjah dan hibrida, sadangkan kadar abunya lebih rendah. Kondisi tersebut menyebabkan kelapa dalam memiliki mutu yang lebuh baik sebagai bahan baku serat sabut.
Mutu tertinggi produk serat dicapai pada saat umur buah 13 bulan. Pada umur tersebut pertumbuhan buah sudah berhenti, kadar air sabut sudah menurun, dan kandungan abunya relatif rendah.
produk olahan sabut kelapa
Produk primer pengolahan sabut kelapa terdiri atas serat (serat panjang), bristle (serat halus dan pendek), dan serbuk sabut atau coco dust. Serat dapat diproses menjadi geotekstil, serat berkaret, matras, karpet, dan produk-produk kerajinan/industri rumah tangga. Geotekstil banyak digunakan untukperbaikan tanah pada bendungan, saluran air, dan lain-lain, sedangkan matras dan serat berkaret banyak digunakan dalam industry jok, kasur, dan pelapis panas. Serat sabut kelapa memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk substitusinya, terutama serat sintesis, yaitu

Keunggulan Produk Olahan Sabut Kelapa

  1. memiliki daya serap air yang sangat tinggi
  2. mempunyai sifat material yang ramah terhadap lingkungan
  3. memiliki daya serap panas yang sangat tinggi
  4. proses pengolahannya tidak mencemari lingkungan
  5. menggunakan mesin pengolah yang relatif sederhana
  6. memiliki potensi pasar yang sangat besar, baik di pasar domestic maupun di pasar ekspor.
Serbuk sabut (coco-dust) banyak digunakan untuk media pertumbuhan tanaman sebagai substitusi gambut alam karena sifatnya yang mampu menyerap air dalam jumlah yang besar, dan memiliki struktur yang memudahkan sirkulasi udara sehingga pernapasan akar tanaman lebih baik. Produk serbuk sabut komersial yang telah dikembangkan adalah cocopeat (untuk media pertumbuhan tanaman) dan cocomix (untuk media pertumbuhan tanaman dan sekaligus sebagai pupuk). Selain itu, serbuk sabut dapat diolah bersama bristle menjadi hardboard.

Tips Memulai Usaha Produk Olahan Sabut Kelapa

Menganalisa jenis usaha yang terkait

Anda harus memastikan bahwa usaha produk olahan sabut kelapa yang Anda dirikan adalah jenis usaha yang ingin Anda kembangkan. Cari tahu produk unggulan olahan kelapa yang bisa menunjang usaha sabut kelapa Anda lebih baik lagi. Lakukan analisa Break Event Point untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda. Setelah itu jabarkan rencana usaha Anda secara detail (Sales forecast, analisa arus kas, etc). Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan produk olahan sabut kelapa Anda.

Perluas networking anda

Networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha produk olahan sabut kelapa Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda. Hal ini dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan, Anda telah memiliki networking luas.

Siapkan modal

Modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Modal dapat dihasilkan dari : modal sediri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjam uang dari bank, dan sistem partnership. Selain modal awal, Anda juga harus memiliki minimal tiga bulan dari anggaran keluarga Anda dalam bank.
Itulah beberapa tips peluang usaha produk olahan sabut kelapa, keunggulan sabut kelapa yang memiliki daya serap air yang sangat tinggi, proses pengolahannya tidak mencemari lingkungan, memiliki potensi pasar yang sangat besar, baik di pasar domestic maupun di pasar ekspor, tentu hal ini sangat menguntungkan bagi Anda pengusaha produk olahan sabut kelapa.
Sumber : http://tokomesinkelapa.com/peluang-produk-olahan-sabut-kelapa/

0 Response to "Peluang Usaha Produk Olahan Sabut Kelapa Yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel