Manfaat Pohon Kelapa bagi Kehidupan Manusia


Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa manfaat pohon kelapa banyak sekali, dari mulai akar sampai ujung daunnya (pucuk) tidak ada yang tidak bisa digunakan. Selain itu pohon kelapa juga bisa kita jumpai di sekitar kita. Akan tetapi tidak jarang juga orang paham akan manfaat pohon kelapa  tersebut. Saya akan mengulas satu persatu manfaat pohon kelapa.
Sebenarnya banyak sekali situs-situs yang sudah membahas maanfaat pohon kelapa, seperti situs ini salah satunya. Akan tetapi tidak salah juga saya membahas ulang mengambil topik tentang manfaat pohon kelapa.

Ada beberapa manfaat pohon kelapa yang akan kami bahas diantaranya

  1. Daun Kelapa

  • Daun kelapa memiliki bentuk panjang dan menyirip, di tengah daun tersebut terdapat batang yang sangat keras yang di sebut lidi. Lidi tersebut bisa kita gunakan untuk membuat alat kebersihan seperti sapu lidi.
  • Daun kelapa yang masih muda yang biasa kita sebut janur itu biasa kita gunakan untuk membuat hiasan utuk acara-acara hajatan atau acara-acara adat atau juga bisa untuk membuat pembungkus makanan seperti ketupat dan lepet.
  • Daun kelapa yang sudah tua yang masih berwarna hijau, bisa juga kita gunakan sebagai anyaman pembuatan atap dan dinding rumah, yang bahasa indramayu kita sebut welit. Sedangkan daun kelapa yang sudah tua dan kering yang kata orang indramayu di sebut blarak, juga bisa kita gunakan untuk pembuatan bahan anyaman dan kerajinan tangan seperti tikar, topi, tas dan aneka jenis kerajinan lainnya. Dan mungkin yang belum kita ketahui bahwa daun kelapa juga bisa kita gunakan sebagai alternatif pakan ternak seperti gajah.
  1. Bunga Kelapa

Bunga kelapa yang berwarna kuning dan tersusun majmuk juga beraroma manis ini biasanya mulai mekar setelah pohon kelapa berusia sekitar 4 sampai 6 tahun. Bagian bunga kelapa juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan fermentasi untuk pembuatan Alkohol dan cuka. Bunga kelapa juga bisa kita gunakan sebagai bahan kerajinan seperti tali sandal dll.
  1. Buah Kelapa

Buah kelapa memiliki bentuk bulat dan agak besar kira kisaran diameternya 10 sampai 20 cm bahkan bisa lebih dari pada itu. buah kelapa juga mempunya variasi warna, ada yang kuning, hijau dan juga coklat. Buah kelapa juga memiliki kandungan vitamin dan mineral sebagai anti oksidan yang sangat kuat.
Masing-masing dari bagian buah kelapa juga mempunyai manfaat seperti :
  1. Air Kelapa

Air kelapa yang masih muda sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, karena bisa memberika hidrasi yang sangat baik untuk tubuh kita. air kelapa juga bisa bermanfaat untuk pembersihan alami ginjal kita dan menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh. Air kelapa juga di percaya mampu menyembuhkan luka bakar, menghilangkan jerawat, membersihkan air ketuban, mencegah uban dan mencegah dehidrasi.
  1. Daging buah kelapa

Daging buah kelapa mempunyai manfaat yang sangat banyak sekali, di antaranya:
  • Daging kelapa yang masih muda bisa kita konsumsi atau bisa juga untuk dijadikan campuran minuman dan makan seperti es buah. Sedangkan daging yang sudah tua bisa kita gunakan sebagai bahan pembuatan santan untuk berbagai bahan olahan makanan dan minuman.
  • Daging kelapa yang sudah tua juga bisa kita gunakan sebagai bahan pembuatan minyak kelapa. minyak kelapa mempunya rasa yang sangat unik dan khas. Dan juga bisa digunakan sebagai pengganti mentega dalam banyak resep makanan.
  • Minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat baik untuk tubuh, ia dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat melindunginya dari berbagai macam penyakit.
  • Minyak kelapa juga di percaya sebagai kondisioner, sehingga pengguanaan minyak kelapa pada rambut bisa membuat rambut yang kering menjadi lebih lembut dan halus.
  • Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk pemijatan, kerana hal ini bisa di yakini mampu memberikan kesehatan pada kulit, terutama pada kulit bayi yang masih sangat lembut dan sensitif.
  1. Cangkang atau tempurung kelapa

Cangkang buah kelapa yang memiliki tekstur yang sangat keras bisa kita gunakan sebagai:
  • Arang bisa digunakan untuk memasakan atau membakar aneka macam makanan, seperti lauk dll.
  • Tempurung kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan kerajinan seperti sendok, gayung dan bahan ukiran lainnya.
  1. Sabut Kelapa

Sabut kelapa bisa di manfaatkan sebagai berikut:
  • Sabut kelapa bisa di gunakan sebagai bahan kerajinanan seperti keset, rambut boneka, tali dan kerajinan lainnya.
  • Sabut kelapa juga bisa digunakan sebagai pupuk organik cair. Caranya sabut kelapa direndem sampai air rendeman berwarna hitam. Kandungan Rendaman air kelapa mengandung kalium klorida yang dapat bermanfaat sebagai pupuk organik cair.
  • Sabut kelapa juga bisa digunakan sebagai scrubber yang bisa dipakai untuk membersihkan piring, gelas dan barang-barang lainnya.
  1. Batang Pohon Kelapa

Batang pohon kelapa memiliki tekstur yang berserat. Ada tiga warna dasar berdasarkan kepadatan teksturnya.
Sebagai bahan desain struktur dan interior.
  • Batang kelapa yang memiliki kepadatan keras biasanya berwarna coklat gelap, biasanya digunakan untuk bahan bangunan seperti kusen pintu, furniture, jendela dan dll.
  • Batang kelapa yang memiliki kepadatan sedang yang biasanya berwarna coklat medium biasa digunakan untuk balok, dinding, langit-langit dll.
  • Batang kelapa kelapa dengan kepadatan rendah yang biasanya berwarna emas bercahaya digunakan untuk bantalan non-beban seperti lis internal, panel kayu, peralatan rumah tangga dll.
Batang kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan eksterior bangunan seperti pintu gerbang dan layar.
Batang kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan kertas.
  1. Akar Pohon Kelapa

Akar pohon kelapa umumnya digunakan dalam berbagai hal. Diantaranya:
  • Karena akar pohon kelapa memiliki tekstur yang sangat keras dan kuat. Maka akar kelapa umumnya sering digunakan untuk struktur bangunan yaitu sebagai penyangga (cakar ayam).
  • Akar pohon kelapa yang mimiliki sekumpulan akar yang sangat banyak di yakini bisa digunakan sebagai penangkal banjir karena bisa menyerap air lebih banyak.
  • Akar kelapa juga bisa di jadikan minuman dan obat-obatan herbal.
Sumber : https://diaryofafarmer.co/manfaat-pohon-kelapa-bagi-kehidupan-manusia/

0 Response to "Manfaat Pohon Kelapa bagi Kehidupan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel