Apa Itu Kelapa


kelapa (cocos nucifera) ialah anggota tunggal dalam marga cocos dari suku aren-arenan maupun arecaceae. tumbuhan ini difungsikan hampir semua bagiannya oleh insan sesampai dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. kelapa juga ialah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.


tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir samudera hindia di sisi asia, namun kini telah menyebar luas di seluruh pantai tropika dunia.




kelapa ialah pohon serba guna bagi masyarakat tropika. hampir semua bagiannya dapat difungsikan orang. akar kelapa mengpandangan baru penemuan teknologi penyangga bangunan cakar ayam (dipakai misalnya pada bandar udara soekarno hatta) oleh sedijatmo.



kayu dari batangnya, yang disebut kayu glugu, dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah.



daunnya dipakai sebagai atap rumah setelah dikeringkan. daun muda kelapa, disebut janur, dipakai sebagai bahan anyaman dalam pembuatan ketupat maupun aneka macam bentuk hiasan yang sangat menarik, terutama oleh masyarakat jawa dan bali dalam aneka macam upprogram, dan menjadi bentuk kerajinan tangan yang berdiri sendiri (seni merangkai janur). tangkai anak daun yang sudah dikeringkan, disebut lidi, dihimpun menjadi satu menjadi sapu.



pohon dengan batang tunggal maupun kadang-kadang berckakak. akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, adaptif pada lahan berpasir pantai. batang beruas-ruas namun jika sudah tua tidak terlalu tampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. kayunya kurang baik digunakan untuk bangunan. daun merupakan daun tunggal dengan pertulangan menyirip, daun bertoreh sangat dalam sehingga nampak mirip daun majemuk. bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea; terdapat bunga jantan dan betina, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sedangkan bunga jantan di bagian yang jauh dari pangkal. buah besar, membisueter 10 cm hingga 20 cm maupun bahkan lebih, berwarna kuning, hijau, maupun coklat; buah tersusun dari mesokarp berupa serat yang berlignin, disebut sabut, melindungi bagian endokarp yang keras (disebut batok) dan kedap air; endokarp melindungi biji yang hanya dilindungi oleh membran yang melekat pada sisi dalam endokarp. endospermium berupa cairan yang mengandung banyak enzim, dan fase pistiadatannya mengendap pada dinding endokarp seiring dengan semakin tuanya buah; embrio kecil dan baru membesar saat buah siap untuk berkecambah (disebut kentos).



kelapa secara alami tumbuh di pantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. ia berasal dari pesisir samudera hindia, namun kini telah tersebar di seluruh kawasan tropika. tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1.000 m dari permukaan laut, namun seiring dengan meningkatnya ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan.

Sumber : http://apaitukelapa.blogspot.co.id/2016/06/apa-itu-kelapa.html

0 Response to "Apa Itu Kelapa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel